Rabu, 05 Desember 2012

BOLU KUKUS TEPUNG BERAS

Waktu lagi browsing-browsing, ketemu resep bolu kukus tepung beras dari chef Farah Quinn. Resepnya tidak menggunakan telur ataupun susu. Wah, boleh dicoba ini untuk cemilan Aisha.

Awalnya sempet ragu, bisa mekar bagus ga ya, soalnya kan tidak ada telurnya.... Waktu tutup kukusan dibuka (ini saat yang selalu bikin deg-degan kalo buat bolkus), ternyata... jreng... jreng... hasilnya memuaskan, mekar merekah... Ga nyangka... Alhamdulillah.... Buatnya juga mudah, tanpa menggunakan banyak peralatan, cuma dicampur dan diaduk jadi satu. Proses memasaknya juga tidak memakan waktu lama. Kayaknya bisa jadi resep favorit nih buat nambah-nambah bekal Aisha sekolah.

Nah, waktu saya buat ini, maksudnya kepingin bikin 2 warna, putih dan coklat supaya bisa dipadukan gitu... Cuma tidak berani kasih banyak-banyak cokelat bubuknya, takut Aisha alergi. Waktu sudah jadi, ternyata warna coklatnya jadi muda sekali, tidak terlalu beda dengan warna putihnya... hi... hi... hi... Tapi yang pasti, nambah lagi nih perbendaharaan cemilan Aisha yang vegan, non gluten, non dairy, no egg dan no nut.


Buat yang kepingin nyoba, ini resepnya ya...

BOLU KUKUS TEPUNG BERAS
sumber: Chef Farah Quinn

Bahan:

200gr tepung beras
200gr gula pasir
250ml air (bisa diganti susu cair atau santan)
1sdt vanila bubuk
2sdt baking powder

Cara Membuat:

Campur semua bahan kering, tuang sedikit demi sedikit air sambil diaduk dengan whisk hingga tercampur rata. Panaskan panci kukusan. Bagi adonan menjadi 3, beri pewarna makanan --> saya hanya warna putih dan coklat (menggunakan cokelat bubuk). Tuangkan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah diberi cup, 3/4nya saja. Kukus selama 10-15 menit (jangan dibuka-bu a ya...). Jangan lupa, tutup kukusan dialasi serbet yang bersih. Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba dan semoga sukses... 

3 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamualaikum, salam kenal, salam kenal juga untuk putri cantiknya, yg dialami oleh putrinya, sama dengan yg dialami oleh dua jagoan saya, saat browse mencari resep kue, ketemu blog ini, terima kasih ya sudah berbagi di blog, ijin copas ya buat dicoba di rumah saat sabtu dan minggu.

wassalam

eka

Anonim mengatakan...

assalammualaikum mba, aju udh coba resep ini trs hasilnya ko bawahya keras y, atasnya (yg mekar) si empuk apa memang seperti itu y hasilnya?

widhy.

Unknown mengatakan...

Bismillah,
Hai mba.. Sekedar info aja sih.. Tulisan mba inijuga ada di link ini :
http://resep-dapurumami.blogspot.co.id/2013/10/bolu-kukus-tepung-beras.html?m=1
Dan ini :
https://m.facebook.com/resep.dapurumami/posts/556521464420599
Khawatir tulisan mba ini dijiplak tanpa ijin, karna sama persis fotonya juga.. Tapi kalau ternyata yg nulis orang yang sama sih gak masalah ya.. Hehe. Just share ya mba.. Maaf kalau tidak berkenan..^^